21/03/10

Polewali Mandar

POLEWALI MANDAR Replika Peta Administrasi Pemerintahan Terbesar (MURI)
POLEWALI MANDAR adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat. Luas wilayahnya mencapai 1.400 km2 ini, dihuni penduduk berkisar 378.000 jiwa yang tersebar di 16 kecamatan, di wilayah pegunungan dan pesisir pantai. Resmi terbentuk sebagai daerah otonomi pada tanggal 29 Desember 1959 (UU No.29 Tahun 1959) dengan nama Kabupaten Polewali Mamasa, namun kemudian berubah nama menjadi Polewali Mandar pada akhir tahun 2006, berdasarkan PP. No.74 Tahun 2006.
Sehubungan dengan diterbitkannya Perda Kabupaten Polewali Mandar Nomor 2 Tahun 2009 tentang Hari Jadi Kabupaten Polewali Mandar yang menetapkan tanggal 29 Desember sebagai hari jadi daerah/kabupaten, Polewali Mandar yang kini dinahkodai oleh H. Ali Baal Masdar sebagai Bupati, didampingi H. Nadjamuddin Ibrahim sebagai Wakil Bupati ini, pada tanggal 29 Desember 2009 yang lalu, diperingati hari jadinya untuk pertama kalinya setelah setengah abad terbentuk (tahun 1959-2009).
Sebagai daerah agraris dan maritim, masyarakatnya dikenal ramah dan sangat menjujung tinggi kebersamaan dan sikap toleransi. Wajarlah jika pertumbuhan ekonomi masyarakatnya kian meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan semakin tumbuhnya dunia usaha, dan banyaknya pengusaha dan sejumlah investor yang mulai melirik sebagai daerah berkembang yang memiliki potensi dan prospek menjanjikan. Didukung latar belakang masyarakat dari berbagai profesi, kategori usia, tingkat pendidikan, pengalaman, dan kebutuhan yang variatif, menjadikan daya beli terhadap berbagai produk cukup menggembirakan.
Didasari pemikiran bahwa Polewali Mandar memiliki potensi SDM, potensi SDA, tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan untuk mempromosikan berbagai produk usaha, industri lokal, promosi budaya, serta menjadikan ajang ini sebagai referensi bagi generasi muda untuk menggali potensi lokal guna membangun kebanggaan masyarakat terhadap daerahnya, maka untuk pertama kalinya sejak Polewali Mandar berdiri (1959-2009), akan dilaksanakan perayaan peringatan hari jadi Kabupaten Polewali Mandar.
Peringatan hari jadi digelar sejumlah acara atau kegiatan diantaranya adalah kegiatan monumental dan menjadi kebanggan masyarakat dan daerah Polewali yaitu Replika Peta Administrasi Pemerintahan Terbesar yang tercatat dalam rekor MURI.



KETERANGAN GAMBAR: ukuran tinggi 14 meter dan lebar 16 meter adalah, angka 14 adalah jumlah kerajaan-kerajaan yang pernah ada berdiri dalam wilayah PUS dan PBB (Pitu Ulunna Salu dan Pitu Babana Binanga) atau wilayah federasi kerajaan yang ada dalam wilayah Mandar dan dahulu berpusat dalam wilayah Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar sekarang. Selain itu, angka 14 juga dimaksudkan sebagai perbandingan skala luas wilayah Kabupaten Polewali Mandar, yakni 1.400 Km2. Sedangkan angka 16 adalah jumlah kecamatan yang ada dalam wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Polewali Mandar sekarang.(Sumber EO Fadly anwar)

Rekoris: Bupati Polewali Mandar (Drs. H. Andi Ali Baal Masdar,M.Si); Faber Castell
Dalam rangka memeriahkan peringatan 50 tahun kabupaten Polewali Mandar,
Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar bekerjasama dengan murid-murid SD se-
Kabupaten Polewali Mandar berhasil membuat replika peta administrasi pemerintahan
terbesar, 14,5 meter x 16,5 meter. Kegiatan berlangsung pada 27 desember 2009.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

SALAM KENAL UNTUK BLOGGER yang lain...

Posting Komentar

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design